Cara Mengatasi Bom Klik Adsense

Ini cerita tentang pengalaman saya sendiri tentang blog saya.
Seperti biasa saya selalu memantau keadaan blog saya dan juga keadaan akun adsense saya.


Biasanya kalau sehari RKT saya paling tinggi sampai 26% (ada yang bilang RKT yang aman dibawah 10% tapi sejauh ini saya masih tidak apa-apa). Dengan jumlah klik perhari rata2 10 klik.
Malam harinya kisaran jam 10 malam saya melihat hal yang ganjil dari akun adsense saya ini yaitu jumlah penayangan hanya kisaran 100an dengan jumlah visitor 20an tetapi jumlah kliknya 30 dan RKT dari akun adsense saya sampai 67%.

Saya langsung panik dan sadar ini merupakan aktivitas tidak wajar yang terjadi di blog saya. Ada yang melakukan aktivitas bom klik baik itu disengaja atau tidak disengaja (saya tidak tahu).
Biasanya kalau terdeteksi bom klik seperti itu pihak google adsense tidak akan perduli itu siapa yang melakukan dalam waktu mungkin kurang lebih 24 jam akun adsense tersebut langsung dibanned.

Saya sangat takut sekali, tetapi saya pernah baca artikel mengenai bom klik ini, lalu saya coba searching lagi di google dan untungnya saya bisa ketemu artikel tersebut dan langsung melaporkannya. Beberap menit kemudian RKT yang awalnya 67% menurun secara bertahap kembali normal seperti RKT saya yang biasa, jumlah klikpun kembali menurun ke jumlah invalid klik yang sebenarnya.
Jadi jika teman-teman bloger merasa terkena bom klik, jangan diam saja tapi segera melaporkan hal tersebut kepada pihak google. Pihak google akan segera merespon laporan kita tersebut dan menindak lanjuti invalid kliknya.

Dengan melaporkan aktivitas klik tidak valid setidaknya akun kita bisa aman karena kita memberitahukan kepada mereka bahwa terjadi aktivitas klik tidak valid yang bukan berasal dari pihak blogger itu sendiri dan pihak google tidak akan langsung menganggap aktivitas itu dari blogger (etikat baik dari kita).
Adapun cara untuk melaporkan aktivitas klik tidak valid tersebut sebagai berikut:
  1. kalian bisa mengunjungi halaman untuk melaporkan aktivitas klik tidak valid ke suport google adsense dan klik laporkan aktivitas klik tidak valid
  2. mengisi form data yang ada dengan mengisi nama, ID publisher adsense dari teman-teman blogger, Email, dan URL dari blog yang terkena bom klik tersebut.
  3. Tanggal dan waktu terjadinya aktivitas klik tidak valid tersebut (kalian bisa memperkirakan  terjadinya dengan memantau laporan dari akun adsense)
  4. Ada beberapa keterangan yang juga harus kalian isi, saya lupa apa tapi seingat saya itu mengenai sumber lalulintas blog, dan hal yang mendukung argumen kita tentang terjadinya aktivitas tidak valid kalau saya kemarin mengirimkan laporan hasil kinerja adsense saya pada hari tersebut dengan persentase RKT yang tinggi
Jadi itu tadi cara mengatasi bom klik atau aktivitas klik tidak valid di iklan adsense kalian, saya harap untuk teman-teman blogger yang lain semoga tidak mengalaminya ataupun melakukan tindakan tersebut kepada teman-teman sesama blogger yang lain dengan alasan apapun. Karena saya tahu bahwa untuk diterima oleh google adsense itu susah-susah gampang (sebenarnya untuk yang tau caranya seperti trik yang pernah saya share tersebut sangatlah mudah untuk diterima) dan untuk di bannednyapun sangatlah mudah.

Baca juga artikel ini tentang trik cepat diterima google adsense 


Sebagai sesama blogger tidak ada yang perlu kita irikan melihat teman-teman blogger lainnya lebih sukses karena kita tidak tahu bagai mana perjalanan kesuksesan dari blognya tersebut dan itu tidak lah mudah. Kita harus menjadi lebih termotivasi lagi dengan mereka seharusnya.
Semoga artikel saya mengenai cara mengatasi bom klik iklan adsense ini bermanfaat.


32 comments:

  1. Wah , pengalaman keren ini , baru tahu kalo ada bom klik juga, ntah gimana caranya itu bom klik di lakukan

    ReplyDelete
  2. BoM klik serasa menakutkan, kalau bisa di cegah ginikan enak

    ReplyDelete
  3. Akhirnya ketemu juga.. udah muter-muter nyari.. makasih min artikelnya..

    ReplyDelete
  4. wah mantap dah bahaya banget kalau iklannya di banned semoga blognya tidak alami bom klik lagi

    ReplyDelete
  5. udah muter-muter nyari.. makasih min artikelnya

    ReplyDelete
  6. ngeri yah, itu orng yg ngbom klik ga punya perasaan, cape2 ngebangun blog apa lagi kalo artikel sudah banyak trus kena bom klik , sia2 semua nya..

    ReplyDelete
  7. ijin bookmark gan, dulu ane pernah ngalamin di bom klik tapi selang beberapa menit kliknya langsung berkurang sih, ane mau laporin bingung laporin kemana :v, makasih gan tutornya kalo ane di bom klik lagi tinggal ikutin cara di atas

    ReplyDelete
  8. Itu iri kalik ya yg boom klik... Tanks juga min dari pengalaman mimin jadi besok bisa mengatasinya

    ReplyDelete
  9. Mkasih kak tipsnya semoga aman akun saya

    Www yukgas dot id

    ReplyDelete
  10. ane nyimak dl gan,adsense blum tayang

    ReplyDelete
  11. Wahh jadi pengalaman dan contoh untuk blogger yg lain nih gan, ane mah nyimak dulu gan belum ada adsense

    ReplyDelete
  12. info yg bermanfaat min , thanks ya

    ReplyDelete
  13. Infonya sangat bermanfaat gan, akhir2 ini iklan saya sering dibom like

    ReplyDelete
  14. Hmm, ternyata bom klik berbahaya juga yah

    ReplyDelete
  15. buat jaga jaga, biar kagak kena suspend

    ReplyDelete
  16. wah ini nih yang gue cari2 makasih yah atas infonya capek ane iklan ane di bomb klik mulu

    ReplyDelete
  17. Nice infonya gan.. semoga ane gak dapet bomb klik

    ReplyDelete
  18. jadi tau bagaimana cara mengatasi bom klik. Ternyata ada juga orang-orang yang tidak suka kita berkembang.

    ReplyDelete
  19. wah saya pernah di bom klik, nice post, bisa saya praktekkan.. thanks gan.. ditunggu post selanjutnya

    ReplyDelete
  20. benar.. ini cukup berbahaya bagi para publisher adsense, karena google ingin tetap semua pengiklan dan penayang untuk disiplin. sehingga google sangat ketat bagi yang melanggar aturannya.

    ReplyDelete
  21. Mantap,,bisa buat tambah wawasan sebelum daftar adsense

    ReplyDelete
  22. Wah ini ni yg aku alami kemarin . Thanks yo infone

    ReplyDelete
  23. Wah ini ni yg aku alami kemarin . Thanks yo infone

    ReplyDelete
  24. Punya saya sering kek gini, thanks gan infonya. Ijin mraktekin.

    ReplyDelete
  25. gunakan blogspot aman dari bom klik dibatasi sama google satu ip 3 kali klik

    ReplyDelete
  26. Kasian aja kalo ada blog yang kena bom klik kaya gitu

    ReplyDelete
  27. Nah ketemu juga nih artikelnya , makasih infonya

    ReplyDelete
  28. Kalau menurut saya RKT nya diatas 20an% wajar wajar saja jika sebanding dengan jumlah klik dan penayangan laman

    ReplyDelete
  29. Wah terimakasih banget min tipsnya

    ReplyDelete
  30. wahh mantap nih artikel, sangat bermanfaat ni. Thanks yaa

    ReplyDelete